Selasa, 06 Januari 2009

Ku "TakuT"

Rasa Takut

Kenapa ya? rasa takut yang amat sangat, menggigit hati sanubari saya, mengingat kata yang satu ini, "kematian". karena kematian itu "pasti" untuk siapa pun, usia berapapun, sekaya apapun, secantik apapun. dan kita tidak tahu kapan kematian itu akan tiba untuk kita.

Sejak mendengar berita teman-teman seumuran, yang telah datang saat kematiannya dengan berbagai sebab. hati ini bertanya-tanya, kapan ya saat kematian untuk saya? dan apakah yang terjadi saat itu tiba. apakah saya sudah siap lahir batin? apa yang harus saya persiapkan jika kematian itu tiba?


Pernah melihat orang dalam keadaan sakratul maut, mengantar jenazah hingga ke kuburan. membuat renungan saya sangat dalam. ternyata yang kita bawa ke dalam kubur hanya sehelai kain kafan putih yang membalut badan.

Sebentar lagi bulan ramadhan datang. saatnya untuk mendulang pahala berlipat ganda di bulan yang datang hanya setahun sekali ini. bisakah saya mendulang pahala? karena berkaca ke tahun-tahun sebelumnya, saya sungguh malu untuk bercerita, apa saja hal-hal yang lebih baik saya lakukan dari ramadhan-ramadhan sebelumnya.

Ramadhan demi ramadhan berlalu dengan kemunduran. ada satu titik dimana saya di hinggapi rasa takut yang amat sangat pada sang pencipta. merasa tak berdaya pada sang pencipta. dan itu terjadi berkali-kali. apalagi jika saya dalam keadaan sakit. dan berkali-kali pula setelah beberapa hari berlalu saya kembali lupa pada ketakutan itu. dan kembali mengulangi kemalasan beribadah tepat waktu dan meningkatkan ibadah tambahan, memperdalam ilmu agama misalnya dengan membaca buku agama dan mempraktekkannya.

Tahun demi tahun yang berlalu, telah membuat usia saya bertambah, padahal itu arti sebenar nya adalah usia saya berkurang untuk jatah hidup di dunia ini.

Semoga di ramadhan tahun ini, yang akan tiba seminggu lagi ini, saya mampu melawan semua rayuan iblis untuk melalaikan kewajiban pada sang pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar