Selasa, 06 Januari 2009

BALAP LIAR

Balap liar Sudah Dimana-mana!!!

11984700050.jpg
11984700050.jpg
Deru mesin motor setiap Sabtu malam sudah menjadi langganan dibeberapa ruas jalan ibukota. Bisingnya membuat pening kepala warga yang hendak beristirahat. Biasanya motor-motor dengan suara knalpot kencang ini sudah beraksi sejak pukul 20.00 WIB. Jalan raya yang mulai lengang dijadikan ajang nge-track. Sekitar dua puluhan orang yang kebanyakan remaja sudah menguasai jalan.

Nah, berisiknya bunyi knalpot ini bisa membuat sakit telinga. Belum lagi kendaraan yang melintas di jalanan yang dijadikan ajang balapan harus mengalah, menunggu satu balapan selesai. Hal ini bukan hanya terjadi di Jl Minangkabau. Di Jl Panjang, Jakarta Barat, sudah menjadi langganan setiap malam Minggu. Pengendara yang menuju Permata Hijau, bahkan arah sebaliknya, kerap dibuat kesal dengan kemacetan yang diakibatkan balapan motor liar tersebut.

Biasanya, balapan liar itu akan bubar jika sirene mobil polisi datang. Jika sudah begitu, masing-masing pembalap liar menyelamatkan motornya, dan melarikannya ke gang-gang kecil yang sulit dimasuki mobil polisi.

Fenomena balap liar ini sebenarnya bukan hal yang asing lagi untuk masyarakat. Malahan bagi masyarakat golongan bawah merupakan hiburan tersendiri. Sebagian besar pelaku balap liar ini justru bukannya golongan menengah tapi golongan bawah. Remaja yang berasal dari keluarga golongan bawah/keluarga miskin ini adalah aktor dari acara balap liar jalanan. Mulai dari motor curian sampe membawa lari motor orangtuanya yang masih kredit, juga sah-sah aja buat mereka, yang penting mendapat tepuk tangan dari teman-teman atau geng mereka. Sayangnya polisi terkesan tutup mata dengan kejadian ini atau bisa jadi sudah bosan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar